Timika (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah mensosialisasikan pengelolaan sampah pada tingkat distrik di daerah ini agar dapat menghasilkan uang.

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mimika Frans Kambu di Timika, Sabtu, mengatakan selain sosialisasi pada tingkat distrik, pihaknya juga akan turun langsung ke tempat tinggal masyarakat untuk mengajarkan cara mengelola sampah hingga menghasilkan uang.

“Jadi usai sosialisasi pada tingkat distrik, kita juga akan turun ke tingkat RT agar masyarakat dapat memahami cara memilah sampah,” katanya.

Menurut dia, jika Pusat Daur Ulang (PDU) resmi dibuka maka pihaknya langsung mengadakan kerja sama dengan distrik, agar tiap distrik dapat mengelola sampah-sampah di lingkungan masing-masing.

“Kalau buat kerja sama, nantinya mereka pasti konsisten dalam memilah sampah, agar PDU juga dapat berjalan sesuai peruntukannya,” ujarnya.

Kepala Kelurahan Inauga Distrik Wania Gerson Rumbarar menjelaskan bahwa pihaknya juga mengikuti sosialisasi pengelolaan dan penanganan sampah menjadi uang tingkat distrik yang dilaksanakan oleh DLH Mimika.

“Masyarakat minta agar DLH Mimika melakukan sosialisasi langsung di lingkungan masyarakat, karena persoalan sampah harus langsung dipraktikkan agar dapat memahami dengan baik,” katanya.

Dia menambahkan Tempat Pembuangan Sementara (TPS) di Kelurahan Inauga, Distrik Wania telah ditutup sehingga DLH Mimika perlu memberikan sosialisasi agar masyarakat jadi lebih paham terkait pengelolaan sampah.

 


Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024