Jayapura (ANTARA) - Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Jayapura, Papua, berharap masyarakat setempat khususnya di Hamadi, Distrik Jayapura Selatan terlibat aktif dalam pelaksanaan Festival Kampung Nelayan yang akan berlangsung pada Juli 2024.

Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kota Jayapura Richard Nahumury, di Jayapura, Minggu, mengatakan dalam pelaksanaan Festival Kampung Nelayan, pihaknya akan menjadikan rumah warga sebagai stan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

"Sehingga stan-stan UMKM itu akan diisi oleh warga sendiri, sehingga dapat membantu pendapatan mereka sendiri," katanya pula.

Menurut Nahumury, saat ini pihaknya telah melakukan rapat bersama masyarakat di Hamadi mengetahui apa saja yang menjadi kekurangan kemudian akan dilengkapi.

"Karena tujuan kami melaksanakan ajang ini untuk bagaimana ke depan pengunjung dari luar Kota Jayapura bisa berkunjung ke daerah itu," ujarnya.

Dia menjelaskan selama festival tersebut, pihaknya juga akan berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Jayapura supaya menyiapkan tempat sampah di sepanjang jembatan yang menjadi lokasi kegiatan.

"Karena masih banyak sampah di laut, sehingga kami juga akan melakukan aksi gerebek sampah di lokasi festival pada 21 Juni 2024," katanya lagi.

Pihaknya berharap supaya semua masyarakat di daerah itu mendukung pelaksanaan Festival Kampung Nelayan, sehingga berjalan dengan lancar.

Festival Kampung Nelayan Hamadi akan dilaksanakan pada 5-7 Juli 2024 yang mengusung tema "Jayapura Makan Ikan Asar (Jamaika)".

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024