Sentani (ANTARA) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kabupaten Jayapura, Papua, memfasilitasi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Papua tampil di Festival Danau Sentani (FDS) XIV Tahun 2024.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Jayapura Theopilus H Tegai di Sentani, Minggu, mengatakan dukungan yang diberikan dengan memberikan stan gratis kepada pelaku UMKM orang asli Papua.

"Panitia FDS XIV dan Dinas Pendapatan Daerah memberikan tarif penyewaan tenda kepada pelaku UMKM sebesar Rp1,5 juta, sehingga kami membantu pelaku UMKM OAP untuk memperolehnya dengan gratis selama penyelenggaraan," katanya.

Menurut Tegai, bantuan itu wujud kepedulian dan dukungan pemerintah daerah kepada pelaku UMKM OAP untuk dapat meningkatkan perekonomian melalui Festival Danau Sentanu XIV 2024.

"Bayangkan mereka belum bekerja sudah dipungut biaya Rp1,5 juta, bagaimana mereka mau dapat untung dari kegiatan ini, maka kami sampaikan ke panitia dan Dinas Pendapatan Daerah untuk beberapa stan diberikan kepada pelaku UMKM OAP," ujarnya.

Dia menjelaskan tujuan dari digelarnya kegiatan ini supaya mampu meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat Papua.

"Kami berharap pelaku UMKM ini produk-produknya bisa dibeli oleh pengunjung sehingga mereka pulang ke rumah dengan membawa uang untuk mencukupi kebutuhan keluarga," katanya.

Dia menambahkan pihaknya juga membantu pemasaran produk UMKM masyarakat Papua dari 139 kampung dan lima kelurahan dengan membantu membuka akses kerja sama dengan swalayan maupun mal.

"Kami juga akan melihat produk UMKM ini sudah benar-benar sesuai standar penjualan nasional tidak, kalau belum kita akan bantu dan setelahnya didorong untuk masuk ke pusat perbelanjaan besar di Kabupaten maupun kota Sentani," ujarnya.

Pelaku UMKM orang asli Papua Anace Bemey bersyukur dukungan stan yang diberikan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Jayapura pada FDS XIV 2024.

"Kami berharap melalui FDS ini bisa memperoleh keuntungan dari produk UMKM yang dihasilkan sehingga bisa mencukupi kebutuhan keluarga," katanya.

Festival Danau Sentani XIV  dilaksanakan sejak 19 Juni hingga Minggu 23 Juni 2024 di Pantai Khalkote Kampung Asei Distrik Sentani Timur Kabupaten Jayapura, Papua.

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024