Sentani (ANTARA) - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Jayapura, Papua, menyatakan kurang lebih 5.000-7.000 anak se-Indonesia akan hadir dan meramaikan puncak Hari Anak Nasional (HAN) ke-40 pada 23 Juli 2024.

Puncak HAN akan dilaksanakan di Stadion Papua Bangkit Kampung Harapan Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua.

Kepala DP3A Kabupaten Jayapura Miryam Y Soumilena di Sentani, Senin mengatakan pihaknya telah melakukan rapat bersama dengan panitia pusat dan provinsi sebanyak enam kali.

"Rapat tersebut dipimpin oleh Pak Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI Bahlil Lahadalia, dimana kami sebagai panitia lokal siap mensukseskan Hari Anak Nasional ke-40 di Papua," katanya.



Menurut Miryam, lokasi penyelenggaraan Hari Anak Nasional ke-40 diselenggarakan di wilayah Kabupaten Jayapura sehingga secara tidak langsung melibatkan daerah ini untuk bagaimana mensukseskan kegiatan tersebut yang rencananya dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Pak Penjabat Bupati Jayapura langsung menginstruksikan kepada kami (DP3A) untuk mengkoordinasikan sehingga penyelenggaraan ini dapat sukses," ujarnya.

Dia menjelaskan ada permintaan dari panitia pusat, dalam hal ini Ketua Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) Tri Suswati, agar ada tarian adat kolosal yang melibatkan 3.000 anak Papua asli.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura supaya mereka juga dapat menyiapkan 2.000 anak, dan 1.000 anak Kabupaten Jayapura siapkan," katanya.



Dia menambahkan puncak perayaan Hari Anak Nasional ke-40 ada parade polisi cilik yang melibatkan 150 anak Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura 150 anak, dan Kabupaten Keerom 50 anak.

"Kami telah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura dan mereka telah menginformasikan kepada seluruh sekolah mulai dari SD-SMA/SMK untuk mengirimkan anak-anaknya dalam mensukseskan kegiatan ini," ujarnya.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura dan Pemkot Jayapura menjadi panitia lokal untuk membantu panitia nasional mensukseskan Hari Anak Nasional ke-40 pada 23 Juli 2024.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Sekitar 5.000-7.000 anak Indonesia bakal ramaikan HAN ke-40 di Papua

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024