Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Papua berencana menambah satu SMA Negeri di Distrik Jayapura Selatan sebagai upaya untuk menampung lulusan SMP yang berada di sekitar kawasan tersebut.

Sekretaris Daerah Kota Jayapura Frans Pekey di Jayapura, Rabu, mengatakan pembangunan SMA Negeri Distrik Jayapura Selatan juga untuk mengatasi masalah saat penerimaan peserta didik baru pada jenjang SMA.

"Hampir setiap tahun persoalan penerimaan peserta didik baru jenjang SMA di distrik Jayapura Selatan selalu ada karena jumlah lulusan baru cukup banyak dan daya tampung di sekolah yang ada di Jayapura Selatan juga terbatas," katanya.

Menurut Pekey, pihaknya mengakui saat ini pemerintah daerah setempat telah mendapatkan lahan milik PT Bintang Mas sehingga diharapkan lokasi tersebut bisa dibangun satu SMA guna menampung para siswa Distrik Jayapura Selatan.

"Animo masyarakat dibarengi dengan jumlah penduduk yang meningkat di Kota Jayapura terutama di wilayah Distrik Jayapura Selatan sangat mempengaruhi jumlah peserta didik baru yang diterima setiap tahunnya," ujarnya.

Dia menjelaskan terkait itu maka dengan kehadiran lembaga pendidikan SMA baru di wilayah Distrik Jayapura Selatan setidaknya dapat menampung seluruh peserta didik baru yang berasal wilayah itu.

"Pemerintah perlu membangun satu SMA lagi untuk mengakomodasi semua lulusan di wilayah distrik Jayapura Selatan sebab saat ini baru saru sekolah," katanya.

Dia menambahkan pihaknya berharap rencana pembangunan lembaga pendidikan SMA baru di wilayah di Jayapura Selatan bisa direalisasikan secepatnya supaya seluruh lulusan baru.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024