Sentani (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura mengharapkan kepolisian dapat meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah hukum setempat.

Harapan itu terkait Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Bhayangkara tingkat Provinsi Papua yang dipusatkan di Stadion Mandala Jayapura pada Senin (1/7) 2024.

Penjabat Bupati Jayapura Triwarno Purnomo di Sentani, Senin mengatakan, Polres Jayapura masuk dalam forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) di mana tugas dan tanggung jawab, yakni membantu pembangunan dari sisi keamanan.

"Kami sangat berterima kasih terhadap kehadiran Polri, karena mereka sangat membantu kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menjalankan program dan kegiatan di lapangan ketika menemui hambatan," katanya.

Menurut Penjabat Bupati, kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang tercipta di Kabupaten Jayapura merupakan andil besar pihak kepolisian.

"Saat masyarakat tertidur lelap aparat keamanan sedang melaksanakan tugas pengamanan dengan patroli, sehingga dibutuhkan kerja sama untuk mendukung tugas-tugas kepolisian," ujarnya.

Dia menjelaskan, dengan kehadiran Polsek di setiap distrik termasuk anggota Bhabinkamtibmas maka pembangunan di tingkat bawah dapat berjalan dengan baik.

"Pegawai distrik, aparat kampung dapat melaksanakan tugasnya selama ini dengan maksimal karena adanya dukungan langsung dari anggota Bhabinkamtibmas (Polri) dan Babinsa (TNI)," katanya.

Dia mengharapkan dukungan kepolisian dalam menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada November 2024.

"Kami berharap kerja sama dan dukungan Polres Jayapura untuk bersama-sama menyukseskan Pilkada serentak, seperti halnya yang dilakukan pada pemilihan umum (Pemilu) pada 14 Februari lalu," ujarnya.

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024