Jayapura (ANTARA) - Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua untuk memprioritaskan anggaran bagi kontingen PON XXI daerah itu.

"Kontingen Papua harus ikut Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh dan Sumatera Utara 2024," kata Ketua DPRP Jhony Banua Rouw di Jayapura, Rabu.

Menurut Jhony, Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) harus fokus untuk mempersiapkan anggaran kontingen PON XXI Papua.

"Saat rapat paripurna kami juga sudah meminta kepada TAPD agar segera menganggarkan dana bagi kontingen Papua," ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya telah menerima proposal dari Komisi Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua dan DPRP juga sudah menyampaikan kepada TAPD setempat.

"Sehingga kami berharap Pemprov Papua bisa menyelesaikan kebutuhan anggaran bagi Kontingen Papua dalam mengikuti PON XXI," kata Jhony. 

Dia menambahkan DPRP siap memberikan izin prinsip mendahului APBD karena waktu pelaksanaan PON XXI Aceh dan Sumatera Utara semakin dekat.

"PON XXI akan berlangsung pada September 2024, artinya tinggal dua bulan lagi, sehingga kami bisa memberikan prinsip mendahului APBD. Silahkan pemerintah mengajukan anggaran ke kami," ujar Jhony.

Dia mengatakan usulan dari Badan Anggaran DPRP agar Pemprov Papua mengalokasikan anggaran sebesar Rp120 miliar untuk membiayai kontingen PON XXI Papua.

"Namun kami masih menunggu usulan tersebut, karena itu merupakan ranah dari pihak eksekutif yang mengusulkan dalam APBD," kata Ketua DPRP Jhony Banua Rouw.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024