Jayapura (ANTARA) - PT PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat (UIWP2B) menerapkan zero accident atau nihil kecelakaan guna meningkatkan kualitas kelistrikan dalam setiap pengerjaan yang dilakukan oleh pasukan Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) di wilayah setempat.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat Budiono di Jayapura, Rabu, mengatakan dengan tetap mengedepankan konsep zero accident tersebut maka tim PDKB terus maksimal dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan agar tidak terganggu.

“Saat ini di Papua sudah terbentuk tiga tim pasukan PDKB di mana tim tersebut berlokasi di PLN UP3 Jayapura yang terdiri dari 16 personil, PLN UP3 Sorong yang terdiri dari 15 personil dan tim terbaru di PLN UP3 Timika yang memiliki 8 personil,” katanya.

Menurut Budiono, melalui pasukan PDKB pihaknya berhasil menyelamatkan listrik sebesar 2.835.126 kWh dan hingga akhir Juni 1.276 titik pemeliharaan yang tersebar di wilayah Papua.

“Hadirnya PDKB menjadi salah satu jawaban PLN sebagai perusahaan penyedia energi listrik yang selalu berusaha untuk menjawab tantangan dalam penyediaan kelistrikan yang andal,” ujarnya.

Dia menjelaskan selain pelayanan kepada pelanggan menjadi lebih baik, tim PDKB ini juga berhasil mengefisiensi perusahaan dengan menjaga kwh yang disalurkan ke pelanggan.

“Di tengah risiko pekerjaan yang besar, kami sangat mengapresiasi kinerja seluruh tim pasukan yang sudah bekerja dengan terampil dan sesuai prosedur. Berkat kerja keras PDKB, selama ini banyak masyarakat yang tetap dapat menikmati listrik meski terjadi gangguan,” katanya.

Dia menambahkan PDKB sendiri memang belum dikenal luas oleh masyarakat namun tim tersebut terus bekerja dengan profesional meski harus menghadapi kondisi obyek pekerjaan bertegangan menengah 20 KV sehingga Semua pekerjaan dilaksanakan sesuai prosedur sebagai langkah mitigasi adanya hal-hal buruk yang terjadi di lapangan.

“Pekerjaan pemeliharaan Tim PDKB tanpa padam ini juga menyelamatkan kurang lebih sebesar Rp3,83 miliar. Tentunya ini memberikan banyak keuntungan, baik bagi PLN maupun pelanggan. Semoga kedepannya keandalan kelistrikan tetap terus terjaga sehingga layanan kelistrikan tetap maksimal,” ujarnya.


Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024