Sentani (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab),Jayapura menanam jagung di lahan 10 hektare (Ha) guna mewujudkan ketahanan pangan di Papua.

Kegiatan ini dilakukan secara bertahap yang diawali dengan penanaman 1,8 hektare oleh Penjabat Bupati Jayapura Triwarno Purnomo di Kampung Kuipons, Distrik Nimboran, Kabupaten Jayapura, Papua pada Jumat.

Penjabat Bupati Jayapura Triwarno Purnomo di Sentani, Jumat mengatakan program ketahanan pangan yang dilakukan oleh Kampung Kuipons, Distrik Nimboran saat ini adalah suatu hal yang besar dalam memajukan atau meningkatkan ekonomi dan ketahanan pangan masyarakat.

“Semua pihak berkompeten di Lingkup Pemerintah Kabupaten Jayapura agar memberikan dukungan penuh terhadap upaya pengembangan ketahanan pangan masyarakat yang sedang dikerjakan di tingkat kampung dan distrik,” katanya.

Menurut Penjabat Bupati, kegiatan ini sangat baik sehingga pemerintah wajib memberikan dukungan sehingga apa yang dibutuhkan petani berupa bibit, peralatan, dan kebutuhan lainnya dapat tersedia.

“Kami mengajak semua masyarakat di daerah ini, terutama masyarakat di Kampung Kuipons, Distrik Nimboran untuk memanfaatkan lahan di pekarangan, tetapi juga lahan tidur agar memberikan hasil pertanian yang cukup bagi peningkatan ketahanan pangan,” ujarnya.

Dia menjelaskan masyarakat dapat mengembangkan potensi yang ada lewat program yang dikerjakan pemerintah kampung maupun pemerintah distrik dengan sumber dana desa maupun dana otonomi khusus (Otsus).

“Kami sangat apresiasi kepada masyarakat di Distrik Nimboran yang boleh mengundangnya untuk hadir dan melakukan penananam jagung dalam upaya ketahanan pangan,” ujarnya.

Dia menambahkan hal ini menandahkan bahwa semangat masyarakat untuk membangun daerah ini lewat sektor pertanian masih ada dan cukup tinggi.

“Di beberapa tempat juga pernah melakukan penanaman perdana seperti yang di lakukan tadi, tetapi selanjutnya tidak berjalan maksimal maka kami berharap di Kampung Kuipons ini tidak terjadi, tetapi sebaliknya akan lebih giat bekerja hingga benar-benar memberikan manfaat bagi peningkatan ekonomi warga,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Distrik Nimboran Rahmad Marimbun mengatakan program pengembangan ketahanan pangan di Kampung Kupoins juga mendapat dukungan dari pihaknya.

“Kami mendukung sekali apa yang dikerjakan oleh pemerintah Kampung Kuipons, termasuk hari ini penanaman perdana jagung oleh bapak Pj. Bupati,” katanya.

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024