Jayapura (ANTARA) - Sebanyak 130 mahasiswa Universitas Cenderawasih (Uncen) melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di lima kampung yang ada di Kota Jayapura, Papua.

Pembantu Rektor 1 Uncen Dirk Runtuboy di Jayapura, Jumat, mengatakan 130 peserta tersebut merupakan mahasiswa dari tujuh fakultas di Universitas Cenderawasih yang akan melaksanakan KKN pada 2 Agustus hingga 6 September 2024.

"Lima kampung yang menjadi lokasi KKN merupakan arahan dari Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Kota Jayapura," katanya.

Menurut Runtuboy, lima kampung tersebut yakni Kampung Skouw Yambe, Kampung Koya Tengah, Kayu Batu, Kampung Nafri dan Kampung Yoka.

"Di mana masing-masing kampung akan ditempatkan sebanyak 26 mahasiswa KKN," ujarnya.

Dia menjelaskan KKN merupakan mata kuliah yang harus dilaksanakan untuk bagaimana meningkatkan kompetensi tetapi juga dalam berinteraksi sosial.

"Sehingga dapat menjadi manusia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa tetap juga berakhlak mulia," ujarnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Kota Jayapura Makzi Atanay mengatakan pihaknya berharap dengan kemampuan akademis yang dimiliki oleh mahasiswa dapat diterapkan kepada masyarakat di kampung dalam setiap program.

"Sehingga melalui KKN ini ada sesuatu yang nyata yang ditinggalkan oleh para mahasiswa di kampung," katanya.

Di menambahkan pihaknya memberikan apresiasi kepada Universitas Cenderawasih melalui program KKN sebab program ini sangat membantu Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura untuk mendorong program yang ada di setiap kampung.
 

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024