Jayapura (ANTARA) -
Tokoh Adat Papua Herman Yoku berharap Penjabat Gubernur Papua yang baru Ramses Limbong dapat mengawal Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 yang aman dan lancar.
 
"Kami harap Penjabat Gubernur Papua Ramses Limbong yang baru dilantik mampu mengawal proses pemerintahan dan menyukseskan Pilkada," katanya di Jayapura, Selasa.
 
Menurut Herman, penjabat gubernur yang baru harus bersinergi dengan tokoh adat, masyarakat perempuan serta lintas sektor agar perlaksanaan Pilkada dapat berjalan lancar dan sukses.
 
"Mari bersama tokoh adat, masyarakat perempuan dan lintas sektor lainnya bersama sukseskan Pilkada Papua agar mendapatkan pemimpin yang sesuai hati nurani rakyat," ujarnya.
 
Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian meminta dua penjabat (Pj.) gubernur di wilayah Papua yang baru dilantik untuk dapat segera menyelesaikan tantangan di daerah masing-masing.
 
Hal ini disampaikan Mendagri pada acara Pelantikan Penjabat Gubernur Papua Selatan dan Papua Dirangkaikan dengan Pelantikan Penjabat Ketua TP PKK Provinsi Papua Selatan dan Papua serta Pengukuhan Penjabat Ketua Pembina Posyandu Provinsi di Gedung SBP Kantor Pusat Kemendagri, Jakarta (5/8).
 
Adapun kedua Pj yaitu Pj. Gubernur Papua Selatan Rudy Sufahriadi dan Pj. Gubernur Papua Ramses Limbong.
 
Dalam kesempatan tersebut, Tito juga mendorong Ramses Limbong untuk menyelesaikan tantangan di Provinsi Papua, terutama persoalan internal.
 
Selain itu, perlu juga untuk terus berkoordinasi dengan pihak terkait guna mengatasi tantangan eksternal di Papua.
 
“Koordinasi dengan Forkopimda, ada Pak Kapolda, Pangdam, Kabinda, dan Kejaksaan. Koordinasikan dengan baik, tokoh-tokoh masyarakat, gereja, MRP, DPRP, dan semuanya, termasuk juga mengawal Pilkada supaya dapat berjalan lancar, bukan hanya di tingkat provinsi, tapi juga kabupaten dan kota,” kata Tito.

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024