Jayapura (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mamberamo Raya, Papua, kembali menghadirkan penerbangan perintis subsidi yang merupakan kerja sama dengan pihak penerbangan Yajasi guna memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin melakukan perjalanan keluar daerah.
 
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan Eduard Tasti di Jayapura, Rabu, mengatakan subsidi penerbangan ini baru diadakan lagi dikarenakan penyesuaian anggaran.
 
"Kami memohon maaf kepada masyarakat Mamberamo Raya karena dalam kurun waktu empat bulan tidak dapat melayani masyarakat, karena adanya kendala di mana salah satunya anggaran tidak tersedia," katanya.
 
Menurut Eduard, pada penerbangan tersebut pihaknya bakal melayani masyarakat di kampung dari Jayapura ke Dabra, lalu ke Kuste, Bere, Haya, Abogoe, Kopesena, Sikari, Tarode, Pulau, Kasonaweja, Yustar dan Bere.
 
"Kami berharap kepada masyarakat, agar subsidi yang telah disediakan oleh pemerintah dapat digunakan dengan bijak sehingga bisa lebih tepat sasaran," ujarnya.
 
Sementara itu, Direktur Operasi Yajasi, Evenly Simon mengatakan konteks kerja sama antara penerbangan Yajasi dengan Pemerintah Mamberamo Raya bukan baru pertama kali tetapi ini lanjutan sebelumnya.
 
"Kami sebagai penyedia angkutan udara, tentu menyambut baik niat dari Pemerintah Mamberamo Raya untuk saling membantu," katanya.
 
Menurut Evenly, pelayanan yang sudah dilakukan sebelumnya dampaknya tidak hanya penerbangan dari Sentani ke Kasonaweja saja namun ini akan ada beberapa daerah.
 
"Kami akan melayani penerbangan di pos-pos dan kampung di sekitar Kasonaweja, yang mana menjadi wilayah pelayanan pemerintah Kabupaten Mamberamo Raya," ujarnya. 

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024