Sentani (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua, mengharapkan jambore kader PKK Wilayah Pembangunan (WP) I mampu wujudkan perempuan mandiri dan kuat.

Kegiatan ini dibuka Asisten I Bidang Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Jayapura yang juga Pelaksana Tugas (Plt) Ketua TP PKK Kabupaten Jayapura Elphyna D. Situmorang pada Kamis.

Elphyna D Situmorang di Sentani, Kamis, mengatakan PKK memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga di Indonesia melalui program-programnya.

“PKK juga membantu masyarakat dalam pendidikan keluarga, peningkatan kesehatan keluarga, dan pemberdayaan ekonomi keluarga,” katanya.

Menurut Elphyna, jambore Kader PKK ini adalah sebuah wadah untuk berkumpul, bersilaturahmi, dan bertukar pengalaman, menambah wawasan pengetahuan, dan juga penghargaan, yang dapat memotivasi kader PKK untuk meningkatkan kinerja, kemampuan manajerial, khususnya dalam menjalankan 10 program pokok PKK.

“Mari jaga erat tali silaturahim antar kita semua, sehingga PKK Kabupaten Jayapura semakin berjaya. Saya ucapkan selamat bertanding,” ujarnya.

Dalam kegiatan jambore ini, kata dia, semua kader PKK akan mengikuti lima jenis pertandingan untuk mengasah keterampilan mereka sehingga ketika nanti kembali ke daerah masing-masing dapat mengaplikasikan tugas dan fungsi mereka sesuai dengan 10 Program PKK yang ada di masing-masing wilayah pembangunan.

Dia mengharapkan kegiatan-kegiatan perempuan yang ada di kampung masing-masing bisa berjalan dengan baik, dan yang paling utama secara nasional adalah penurunan stunting.

“Jadi, bagi kader-kader PKK harus ikut bantu dengan cara melakukan proses penimbangan bayi, proses pembuatan tambahan makanan bagi anak-anak yang terkena stunting. Bahkan untuk sosialisasi bagi ibu hamil dan pasangan usia subur, serta remaja ketika nanti akan diberikan vitamin B,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Distrik Sentani Debby Nukuboy mengatakan Jambore Kader PKK tingkat Kabupaten Jayapura bagi WP I ini berlangsung selama dua hari pada 8-9 Agustus 2024.

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024