Biak (ANTARA) - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Biak Numfor,Papua berencana menambah jaringan Starlink untuk meningkatkan pelayanan internet di masyarakat.

"Untuk berapa banyak dapat tambahan layanan Starlink bagi Kabupaten Biak Numfor saya belum mengetahui tetapi sudah diinformasikan kami dapat," kata Kepala Diskominfo Biak Numfor George Kbarek MT menanggapi layanan jaringan internet Starlink di Biak,Kamis.

Diakui George, Starlink merupakan layanan internet berbasis satelit dari SpaceX, perusahaan Amerika Serikat yang berada di bawah perusahaan Elon Musik.

Disebutkan George, satelit Starlink mampu memberikan layanan internet broadband yang mendukung streaming, game online, hingga panggilan video.

"Jangkauan layanan Starlink sangat luas meskipun kita berada di lokasi pedalaman bisa tersentuh jaringan internet," katanya.

Disinggung apakah layanan Starlink untuk meningkatkan jangkauan layanan ke masyarakat, menurut George, arahnya tetap penyediaan fasilitas internet pelayanan pemerintahan.

George mengatakan, Diskominfo Biak sudah menyiapkan layanan internet 4G di 19 distrik.

"Diskominfo bekerja sama dengan program Bakti Kemenkominfo RI untuk memenuhi kebutuhan layanan komunikasi handphone seluler dan internet," katanya.

Menurut dia, hingga Kamis (15/8) layanan jaringan komunikasi handphone seluler dan internet program Badan Aksesbilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kemenkominfo telah menjangkau 257 kampung.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024