Biak (ANTARA) - Penjabat Gubernur Papua Ramses Limbong memberikan vaksin Polio dan paket makanan sehat pencegahan stunting kepada 200 anak balita di Kabupaten Supiori,Rabu.

"Dengan pemberian vaksin polio dan makanan bergizi anak-anak Supiori tetap tumbuh kembang sehat dan terbebas dari stunting," kata Pj Gubernur Papua Ramses Limbong seusai memberikan vaksin polio anak bersama ketua TP PKK Kerdina R.Limbong.

Ia mengingatkan, orang tua wajib memperhatikan kesehatan tumbuh kembang anak di lingkungan keluarga.

Setiap bulan orang tua harus membawa anaknya di posyandu, menurut dia,  untuk mengecek kesehatan anak mulai dari tinggi badan, berat badan hingga pertumbuhan anak.

Ia mengaku, dengan rutinnya orang tua membawa anaknya ke posyandu dapat mengetahui kesehatan tumbuh kembang anak.

"Ya jika berat badan anak dan kondisi tumbuh kembang anak saat diperiksa di posyandu tidak mengalami perubahan seperti sebelumnya maka perlu diantisipasi kasus stunting anak," katanya.

Ramses minta pemerintah daerah lewat dinas kesehatan harus gencar menangani stunting anak di Kabupaten Supiori.

Apalagi pencegahan stunting anak, lanjut dia, sudah menjadi program strategis nasional sehingga dibutuhkan kebersamaan semua organisasi perangkat daerah untuk ikut melakukan pencegahan stunting.

Ikut mendampingi Pj Gubernur Ramses Limbong pada pemberian vaksin polio anak di antaranya Sekretaris Daerah Ferra Wanggai serta Plt Kepala Dinas Kesehatan Hengky Mandosir.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Supiori Ferra Wanggai M.Si berharap pemberian vaksin polio anak untuk mewujudkan anak-anak Supiori sehat dan bebas polio.

"Terima kasih atas perhatian pemerintah Provinsi Papua dan Pj Gubernur Papua dalam mencegah polio dan stunting anak di Kabupaten Supiori," katanya.

Sebelumnya, Penjabat Gubernur Papua Ramses Limbong melakukan pertemuan dengan Bupati Supiori Yan Imbab beserta penjabat eselon II di Gedung Negara Rumah Dinas Bupati Supiori.

Bupati Imbab melaporkan situasi roda pemerintahan pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan di Kabupaten Supiori tetap berjalan lancar sesuai dengan program pemerintah daerah.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024