Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya melalui Dinas Bidang Lingkungan Hidup Perkebunan dan Peternakan setempat melakukan edukasi dan sosialisasi terkait pencemaran serta kerusakan lingkungan kepada masyarakat di Distrik Mulia hal ini dilakukan guna mencegah terjadinya bencana alam.

Kepala Bidang Lingkungan Hidup Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Puncak Jaya Dosina Wonda dalam siaran pers di Jayapura, Kamis mengatakan tujuan dari sosialisasi ini adalah agar semua masyarakat meningkatkan perilaku peduli lingkungan sehingga kegiatan tersebut harus terus dilakukan.

“Edukasi ini sangat penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dengan begitu dapat mencegah terjadinya bencana alam dan kerusakan lingkungan,” katanya.

Menurut Dosina, selama ini masih banyak masyarakat yang membuang sampah di sungai, lembah sedapat terjadi banjir, pencemaran sungai dan matinya ekosistem dalam air.

“Oleh sebab itu edukasi tersebut diharapkan bahwa sungai, gunung sudah mulai dijaga dan tidak menjadikan sungai sebagai tempat sampah,” ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya mengajak seluruh masyarakat di Kabupaten Puncak Jaya agar bersama menjaga kebersihan seperti melindungi diri sendiri dengan begitu wilayah setempat terbebas dari bencana alam.

“Kami berharap adanya sosialisasi dirinya masyarakat bisa dengan sadar untuk tidak membuang sampah sembarangan terlebih khusus membuang sampai ke sungai karena itu bukan tempat sampah,” katanya.

Sementara itu Kepala Seksi Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan serta Perubahan Iklim Provinsi Papua Tengah Yohanes Hanok Yose Reyaan mengatakan pihaknya yakin dengan terus memberikan pemahaman yang baik kepada masyarakat maka dapat terhindar dari bencana alam.

“Kami juga berpesan dengan alam dan lingkungan yang sudah terpelihara dengan baik untuk terus dijaga,” katanya.

Sebelumnya, telah dilakukan sosialisasi dan edukasi terkait pencemaran serta kerusakan lingkungan kepada masyarakat di Distrik Mulia kemudian dilanjutkan dengan pemasangan spanduk disepanjang jalan pada Kamis (5/9).


Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024