Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Papua melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat berharap lulusan SMK di daerah ini harus menjadi tenaga kerja terampil sesuai dengan keahlian yang dimiliki.

Kepala Bidang SMA/SMK pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura Nur Jaya di Jayapura, Jumat, mengatakan dengan program pembelajaran dan kemampuan yang dimiliki setiap siswa maka semboyan "SMK Bisa" dapat terwujud.

"Untuk itu siswa SMK tidak hanya berfokus pada sekolah saja tetapi juga mempersiapkan diri untuk bisa bersaing sesuai jurusan," katanya.

Menurut Nur, kreativitas dan inovasi menjadi dasar bagi peserta didik SMK negeri maupun swasta untuk terjun ke dunia usaha.

"Karena dengan kreativitas dan inovasi di bidang wirausaha, seni dan kerajinan tangan serta teknologi siswa SMK memiliki daya saing dalam dunia kerja," ujarnya.

Dia menjelaskan melalui kerja sama yang telah dilakukan antara SMK dengan dunia usaha dan industri dapat menciptakan lulusan SMK yang siap memberikan dampak positif.

"Artinya lulusan SMK memiliki ketrampilan dan kemampuan yang lebih baik pada jurusan yang dipelajari sehingga hasilnya dapat digunakan baik untuk bekerja atau melanjutkan studi ke perguruan tinggi," katanya lagi.

Pihaknya berharap seluruh SMK di Kota Jayapura terus mengembangkan potensi yang dimiliki sesuai keahlian pada jurusan yang telah dipelajari.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024