Timika (ANTARA) - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, mengatakan pagu anggaran 2024 pada instansi tersebut mencapai Rp1,3 triliun lebih dan terdiri atas empat program.

Kepala Disdik Pendidikan Kabupaten Mimika Jenny O Usmany di Timika, Selasa, mengatakan keempat program tersebut yakni pengelolaan pendidikan, pengembangan kurikulum, pendidik dan tenaga kependidikan, serta penunjang urusan pendidikan pemerintah daerah (pemda).

“Program pengelolaan pendidikan ini dari jenjang TK, SD, SMP hingga SMA, termasuk juga jalur nonformal,” katanya.

Menurut Jenny, pihaknya memberikan bantuan biaya pendidikan bagi siswa-siswi Orang Asli Papua (OAP) kurang mampu di wilayah pinggiran dan dalam kota sebesar Rp150.000 per orang selama menempuh pendidikan.

“Untuk siswa-siswi SD sampai dengan SMA kami berikan bantuan biaya pendidikan sebesar Rp150.000 satu orang, dan SMK Rp200.000 per bulan,” ujarnya.

Dia menjelaskan pemberian bantuan biaya pendidikan ini telah berjalan sejak 2023 dan untuk SMK ada pengecualian mengingat biaya prakteknya.

“Bantuan biaya pendidikan untuk SMK mengapa berbeda, karena ada pengecualian terkait biaya praktek, tetapi tetap dilaporkan ke Dinas Pendidikan,” katanya.

Dia menambahkan pihaknya juga telah menjalankan program makan gratis bagi siswa-siswi pada wilayah pedalaman Mimika dengan tujuan meningkatkan mutu pendidikan.

“Tujuan pemberian makan siang gratis ini untuk meningkatkan mutu pendidikan di Mimika, karena kebutuhan nutrisi siswa terpenuhi,” ujar Jenny O Usmany.


Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024