Jayapura (ANTARA) -
PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Jayapura mulai menerapkan pembayaran nontunai di Pelabuhan Jayapura guna memberikan kemudahan kepada penumpang dan upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.
 
General Manager Pelindo Jayapura I Nengah Suryana Jendra di Jayapura, Rabu, mengatakan pembayaran nontunai tersebut diberlakukan di pintu masuk sehingga meminimalisasi terjadi antrean di luar gedung terminal.
 
“Kami akan terus berbenah diri agar pelayanan ke penumpang bisa lebih maksimal selain itu pendapatan yang masuk jadi lebih transparan,” katanya.
 
Saat ini, pihaknya sedang menjajaki kerja sama dengan bank Himbara serta bank daerah di mana nantinya pembayaran akan menggunakan e-money atau uang elektronik dari perbankan tersebut.
 
“Dengan perkembangan teknologi saat ini maka penggunaan uang tunai dikurangi saat bertransaksi karena sudah ada kemudahan nontunai,” ujarnya.
 
Dia menjelaskan saat ini baru satu alat pintu otomatis yang telah terpasang dan tersisa dua alat lagi di terminal penumpang, sedangkan empat mesin pada kargo peti kemas sehingga diharapkan sebelum natal nanti semua bisa berjalan.

"Natal dan Tahun Baru adalah momen peak season sehingga persiapan harus sejak dini," katanya.
 
Meski saat ini dalam proses sosialisasi, pihaknya berharap, masyarakat bisa paham karena hal ini demi kebaikan dan kenyamanan bersama, serta agar para penumpang dan pengantar bisa lebih tertib.
 
“Ke depan digitalisasi akan terus kami kembangkan sehingga mempermudah pekerjaan,” katanya.

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024