Jayapura (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya melalui Dinas Komunikasi dan Informasi setempat terus melakukan peningkatan kapasitas layanan internet guna mempermudah pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam mengembangkan usahanya.
 
Kepala Dinas Kominfo Puncak Jaya, Akbar Fitrianto, dalam siaran pers di Jayapura, Selasa, mengatakan saat ini tengah dilakukan upaya peningkatan kualitas sinyal internet di daerah itu.
 
"Saat ini kami telah bekerja sama dengan Telkomsel di mana kami telah menggunakan Starlink untuk meningkatkan kualitas jaringan di Ilu dan Mulia," katanya.
 
Menurut Akbar, ke depan pihaknya akan terus mendorong Telkomsel agar menambah perangkat Starlink untuk akses 4G dengan tetap mempertahankan jaringan 2G yang ada di beberapa BTS yang sudah ada seperti di Bandara, Usir dan Pagaleme.
 
"Selain itu kami juga telah melakukan tracking guna melihat daerah mana saja yang perlu ditingkatkan sinyalnya," ujarnya.
 
Pihaknya mengakui saat ini Bakti telah memasang 99 site BTS 4G Bakti dan 282 VSAT Bakti dan tengah dilakukan penambahan baru khususnya akses di kawasan "blankspot" dan komunitas masyarakat.
 
"Rata-rata jaringan di Puncak Jaya telah 4G, namun perlu dilakukan peningkatan lagi untuk membantu pembelajaran siswa dan perluasan akses penjualan produk UMKM lokal," katanya.
 
Manager Network Operations and Productivity Telkomsel Jayapura, Heri Aji Setiawan, mengatakan selama 2024 Pemkab Puncak Jaya telah menggunakan BTS Telkomsel dengan menggunakan transmisi radio link milik PRT Bakti Kominfo sebesar 50 Mbps.
 
"Namun pada Maret 2024 kami telah menambah kapasitas bandwidth sebesar 100 Mbps melalui Telkom Satelit (Starlink) untuk memberikan layanan yang lebih baik bagi masyarakat," ujarnya.

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024