Jakarta (ANTARA) - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengapresiasi personel gabungan Polri-TNI membebaskan pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens yang disandera kelompok kriminal bersenjata (KKB) pada 7 Februari 2023 hingga 21 September 2024.

"Alhamdulillah, atas perintah Bapak Presiden  melaksanakan pembebasan terhadap korban penculikan pilot Selandia Baru beberapa waktu lalu. Atas kerja keras seluruh tim laksanakan operasi, hari ini berhasil selesaikan misi dan bawa pulang sandera pilot dalam kondisi sehat," kata Listyo dalam keterangan di Jakarta, Sabtu.

Kapolri mengucapkan selamat seluruh personel tergabung dalam Operasi Paro dan Damai Cartenz.

"Selamat kepada seluruh anggota TNI/Polri yang tergabung Operasi Paro dan Damai Cartenz telah berhasil selamatkan pilot Selandia Baru Philip Mark Mehrtens yang diculik KKB selama satu setengah tahun. Semoga segera bertemu keluarganya," ujarnya.

Sementara itu, Wakapolda Papua yang juga Kaops Damai Cartenz 2024 Brigjen Pol Faizal Ramadhani menjelaskan pihaknya selalu kedepankan soft approach upaya bebaskan Pilot Philip.

"Ya benar, kami kedepankan pendekatan tokoh agama, tokoh gereja, tokoh adat, dan keluarga dekat Egianus Kogoya. Pendekatan ini penting dilakukan meminimalkan jatuhnya korban jiwa dari aparat, warga sipil, dan sekaligus jaga keselamatan pilot," jelas Faizal.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kapolri apresiasi personel gabungan Polri-TNI bebaskan pilot Susi Air

Pewarta : Narda Margaretha Sinambela
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024