Sentani (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jayapura mengharapkan lima pasangan calon (paslon) kepala daerah yang akan bersaing pada Pilkada serentak 2024 untuk menghindari berita hoaks atau bohong.

KPU Kabupaten Jayapura menggelar deklarasi kampanye damai Pemilukada serentak 2024 di Pantai Wisata Khalkote Sentani pada Selasa.

Ketua KPU Kabupaten Jayapura Efra J Tunya di Sentani, Selasa mengatakan paslon kepala daerah harus dapat menginformasikan kepada tim suksesnya supaya tidak menyebarkan berita hoaks.

“Jangan sampaikan berita-berita bohong kepada masyarakat karena dapat memecah persatuan dan kesatuan bangsa di Kabupaten Jayapura,” katanya.

Menurut Tunya, tujuan diadakan deklarasi kampanye damai untuk menyamakan satu persepsi supaya setiap paslon beserta tim suksesnya untuk benar-benar menjaga kedamaian dengan melakukan kampanye yang santun.

“Paslon harus sepakat menyatakan bahwa di dalam kampanye pilkada yang berlangsung sejak 25 September-23 November 2024 semua proses kampanye harus berlangsung dengan damai baik itu, kampanye tertutup dan terbuka bahkan debat kandidat semua berlangsung dengan damai,” ujarnya.

Dia menjelaskan semua paslon telah secara sepakat menandatangani deklarasi kampanye damai baik bersama ketua tim pemenangan, parpol pengusung dan simpatisan, sehingga ini benar benar bisa dijalankan dengan baik.

“Pilkada bukan saja menjadi tugas KPU, tetapi juga Bawaslu sehingga apabila ada yang melanggar atau tidak sesuai dengan aturan main yang ada dalam regulasi tentunya akan ditindak tegas,” katanya.

Dia menambahkan semua paslon kepala daerah telah sepakat bahwa hari Minggu tidak boleh ada kegiatan kampanye dimanapun termasuk di tempat-tempat ibadah dalam bentuk apapun.

“Biarlah hari Minggu digunakan untuk beribadah kepada Tuhan atau hari netral tanpa adanya hiruk pikuk pilkada dengan harapan persatuan dan kesatuan bangsa di Kabupaten Jayapura terus terpelihara,” ujarnya.

Ketua KPU Kabupaten Jayapura membacakan deklarasi kampanye damai Pemilukada serentak 2024 dan diikuti oleh lima paslon kepala daerah tersebut.

Kemudian kegiatan lanjutan dari deklarasi itu dilakukan penandatanganan pakta integritas Pemilukada damai 2024 di Kabupaten Jayapura dilakukan lima paslon dan partai pengusung.

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024