Jayapura (ANTARA) -
Pejabat Gubernur Papua Ramses Limbong mengajak para pasangan calon (paslon) peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 agar menciptakan iklim kondusif selama masa kampanye dengan saling menghormati, menjaga keamanan, dan menghindari segala bentuk provokasi.
 
“Pilkada adalah proses demokrasi yang sangat penting bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat, oleh karena itu mari bersama-sama menjaga ketertiban selama masa kampanye,” katanya usai menghadiri deklarasi pilkada damai di Kota Jayapura, Papua, Selasa.
 
Menurut Ramses, pihaknya terus berkomitmen untuk mewujudkan pilkada yang damai transparan dan akuntabel.
 
“Tanggung jawab moral kami adalah untuk memastikan bahwa setiap suara masyarakat dihargai dan terjaga keamanan,” ujarnya.
 
Pihaknya akan berperan aktif dalam memfasilitasi berbagai elemen masyarakat termasuk lembaga pengawas dan organisasi nonpemerintah.
 
“Kami harap para pasangan calon terutama pendukungan dapat berkomitmen menjaga kedamaian di Papua, apalagi ini merupakan pesta lima tahun sekali,” katanya.
 
Sementara itu, Ketua Bawaslu Papua Hardin Halidin mengatakan kampanye adalah tahapan yang rawan konflik, karena itu sebagai pengawas pemilu pihaknya perlu mengingatkan kepada para kontestan dan tim pemenangan untuk benar-benar menaati dan menghormati setiap peraturan perundang-undangan yang berlaku.
 
“Kami juga perlu mengingatkan untuk setiap tim pemenangan dan kepada setiap masyarakat agar sama sekali tidak memberikan ruang atas hadirnya setiap ujaran kebencian, penghasutan, apalagi upaya mempertentangkan suku, agama, juga ras dan antargolongan,” katanya.

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024