Jayapura (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) setempat terus memperkuat kualitas infrastruktur teknologi informasi dengan melakukan beberapa peremajaan jaringan guna memberikan kemudahan bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD).
 
Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Papua Jeri Agus Yudianto di Jayapura, Ahad, mengatakan saat ini pihaknya sedang melakukan perbaikan dan peningkatan fasilitas di ruangan server utama.
 
"Proses ini meliputi peningkatan perbaikan sistem pendingin, pengaturan ulang tata letak perangkat server, serta optimisasi jaringan untuk mendukung kelancaran operasional ke depan," katanya.
 
Menurut Jery, dampak adanya perbaikan tersebut maka ada gangguan sementara di jaringan intra Pemprov Papua dari 26 September hingga 4 Oktober.
 
"Gangguan ini menyebabkan layanan Wi-FI Dinas Kominfo di setiap OPD akan sedikit terhambat dan tentunya layanan digital yang memanfaatkan jaringan intra pemerintah akan sedikit mengalami gangguan," ujarnya.
 
Dia menjelaskan untuk mempercepat proses perbaikan tersebut pihaknya bersama tim teknis bekerja selama 24 jam guna meminimalisir dampak terhadap pelayanan kepada masyarakat serta aktivitas administrasi di berbagai instansi.
 
"Kami memproyeksikan proses pemulihan jaringan ini akan selesai dalam waktu satu pekan dan layanan diharapkan dapat berjalan normal kembali pada 4 Oktober 2024 atau waktu yang diharapkan," katanya.
 
Dia menambahkan pihaknya akan terus memberikan informasi terkini terkait perkembangan perbaikan ini.
 
"Kami berkomitmen untuk terus memperbaiki layanan demi kelancaran akses informasi dan komunikasi di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua," ujarnya.*

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024