Jayapura (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua meminta agar aparatur sipil negara (ASN) harus menjadi contoh dalam implementasi nilai-nilai Pancasila dengan meningkatkan kualitas layanan pubik kepada masyarakat setempat.

Sekretaris Daerah Provinsi Papua Ridwan Rumasukun di Jayapura, Selasa, mengatakan tidak hanya bagi masyarakat, namun juga nilai Pancasila tersebut harus diterapkan di lingkungan kantor seperti dengan bergotong royong, lalu berkeadilan sosial dan bersatu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.
 
“ASN memiliki tanggung jawab besar untuk menjadi teladan dalam penerapan nilai-nila Pancasila, sehingga hal ini sangat penting dan menjadi perhatian semua pegawai,” katanya usai memimpin upacara peringatan Hari Kelahiran Pancasila, 1 Oktober 2024, di Jayapura, Selasa.

Ridwan mengatakan ASN juga harus menunjukkan integritas, kejujuran dan dedikasi dalam menjalankan tugasnya.

“ASN harus selalu mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau golongan,” ujarnya.
 
Dia menjelaskan ada lima sila yang harus diterapkan ASN dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat karena pihaknya perekat dan pemersatu bangsa.
 
“Salah satunya pada masa pilkada saat ini, di mana ASN harus menjadi contoh dalam menjaga situasi pemilihan agar berjalan lancar dan damai,” katanya.

Menurut dia, dengan semangat Hari Kesaktian Pancasila diharapkan seluruh masyarakat Papua semakin mencintai dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila.
 
"Mari bersama-sama menjaga dan mengamalkan Pancasila untuk Indonesia yang lebih baik," ujarnya.
 

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024