Jayapura (ANTARA) -
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua memastikan kesiapan logistik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 akan selesai tepat waktu sesuai jadwal.
 
“Distribusi logistik ini dilakukan menjadi dua tahap, pada tahap pertama itu pengiriman dilakukan melalui jalur darat dan laut sedangkan pada tahap kedua melalui jalur udara,” kata Ketua KPU Papua Steve Dumbon di Jayapura, Selasa.
 
Menurut Steve, berdasarkan informasi sementara terkait logistik pilkada dalam tahap pengerjaan, mulai dari tinta, segel, bilik suara dan pencetakan.
 
“Untuk data pasti pengiriman kami masih melakukan koordinasi dengan KPU di sembilan kabupaten/kota apa saja yang sudah dicetak dan telah di kirim,” ujarnya.
 
Dia menjelaskan terdapat empat kabupaten yang akan dilakukan pendistribusian menggunakan helikopter yakni Supiori, Waropen, Sarmi dan Mamberamo Raya di mana karena letak geografis sehingga diharuskan menggunakan angkutan udara.
 
“Meski begitu kami pastikan tidak akan ada keterlambatan pengiriman logistik ke tempat pemungutan suara (TPS) karena adanya beberapa persiapan yang telah KPU kabupaten kota lakukan,” katanya.
 
Dia menambahkan apalagi cuaca saat ini sangat bersahabat sehingga dipastikan pengiriman melalui udara dan laut akan berjalan lancar.

"Karena kami berkaca dari pengalaman pemilihan sebelumnya sehingga mitigasi telah disiapkan dengan baik," ujarnya lagi.

 

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024