Timika (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika, Provinsi Papua Tengah, mencanangkan pembangunan Zona Integritas (ZI) di lingkungan pemerintahan setempat menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bebas Melayani (WBBM), guna mencegah korupsi dan meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Penjabat (Pj) Bupati Mimika Valentinus Sudarjanto Sumito di Timika, Kamis, mengatakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) akan membantu mengawal ZI di daerah ini.

"Kami di Kabupaten Mimika hari ini melakukan pencanangan zona integritas dan diharapkan ini menjadi tonggak baru dalam hal pelayanan yang bersih," katanya.

Menurut Valentinus, pencanangan ZI ini merupakan komitmen bersama untuk mewujudkan WBK dan WBBM melalui reformasi birokrasi dalam mencegah terjadinya tindakan korupsi, serta meningkatkan kualitas pelayanan publik oleh pemerintah setempat.

"Pencanangan ini menjadi komitmen bersama kita siap membangun zona integritas yang bebas korupsi, juga bersih dalam melayani masyarakat," ujarnya.

Dia menjelaskan ZI merupakan sebuah predikat yang nantinya diberikan bagi instansi pemerintah yang benar-benar berkomitmen mewujudkan WBK atau WBBM.

"Zona integritas ini menunjukkan semangat lembaga pemerintah khususnya di Kabupaten Mimika dalam memberantas dan mencegah tindak pidana korupsi," katanya lagi.

Dia menambahkan pemerintah menggunakan Lembar Kerja Evaluasi Zona Integritas (LKE ZI) untuk memastikan bahwa lembaga atau instansi publik beroperasi dengan integritas dan transparan.

"Tindak pidana korupsi tidak diperbolehkan di negara kita. Untuk itu maka hari ini Pemkab Mimika mencanangkan ZI menuju WBK dan WBBM," ujarnya.
 

Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024