Jayapura (ANTARA) - Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Jayapura, Papua mendorong pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), salah satunya melalui bimbingan teknis pemanfaatan website Komunitas Informasi Masyarakat (KIM).

Kepala Dinas Kominfo Kota Jayapura Binton Nainggolan di Jayapura, Jumat, mengatakan kegiatan tersebut merupakan upaya agar UMKM di daerah ini memanfaatkan teknologi informasi dalam melakukan pemasaran produk yang dihasilkan.

"Jadi, bukan saja soal berusaha, tetapi bagaimana UMKM ini mampu memasarkan hasil produknya dengan teknologi informasi," katanya.

Menurut Nainggolan, hingga kini yang menjadi masalah bagi UMKM adalah bagaimana mempromosikan hasil produk hingga ke luar daerah.

"Kalau di dalam Kota Jayapura atau Papua saja UMKM kami sudah sangat baik, sehingga untuk memperluas itu kami harus memfasilitasi mereka dengan website KIM," ujarnya.

Dia menjelaskan website KIM merupakan platform digital yang dibangun oleh Kementerian Kominfo RI, sehingga dirasa penting untuk pelaku usaha dapat memanfaatkannya.

"Nanti dari Dinas Kominfo juga melindungi UMKM supaya terhindar dari serangan siber," ujarnya.

Dia menambahkan kegiatan yang diikuti oleh ketua KIM di lima distrik Kota Jayapura yang bergerak pada sektor usaha sebenarnya bertujuan untuk memperkuat KIM dari sisi teknologi informasi.

"Selain itu, juga untuk melindungi pelaku usaha dari sisi sosial, seperti korban perundungan, karena usaha yang dijalankan masih baru dirintis," ujarnya.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024