Jayapura (ANTARA) - Kapolda Papua Irjen Pol. Patrige Renwarin menggandeng tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk mewujudkan pemilihan kepala daerah (pilkada) damai di Tanah Papua.

Melalui para tokoh itu, Kapolda Papua berharap pesan-pesan terkait dengan pilkada damai dapat sampai ke masyarakat hingga terwujud.

"Wilayah hukum Polda Papua meliputi empat provinsi, tiga di antaranya adalah daerah otonomi baru dengan 29 kabupaten/kota," kata Irjen Pol. Patrige Renwarin kepada ANTARA di Jayapura, Sabtu petang.

Kapolda mengharapkan keterlibatan para tokoh itu dapat membantu terwujudnya pilkada damai yang sebelumnya telah mengadakan doa bersama lintas agama.

Selain menggandeng para tokoh, pihaknya juga menggelar Operasi Mantap Praja dengan menyiagakan anggota Polri, baik yang bertugas di Polda Papua maupun di polres-polres guna mengamankan tahapan Pilkada 2024.

Irjen Pol. Renwarin mengatakan  pihaknya telah mengerahkan 10.417 personel di wilayah hukum Polda Papua untuk mengamankan tahapan pilkada yang saat ini sudah memasuki tahap kampanye.

Ketika ditanya situasi kamtibmas di wilayah hukum Polda Papua, Kapolda Irjen Pol. Renwarin menegaskan bahwa saat ini relatif kondusif walaupun di beberapa wilayah ada gangguan kamtibmas seperti di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua Pegunungan.

"Secara keseluruhan situasi kamtibmas relatif aman dan terkendali," kata Kapolda Papua.
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Polda Papua gandeng tokoh agama wujudkan pilkada damai

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024