Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Papua memperkuat kelembagaan guna meningkatkan kapasitas Aparatur Sipil Negara (ASN) setempat dalam memberikan pelayanan yang lebih baik bagi masyarakat.  

Pelaksana Harian Sekda Kota Jayapura Evert Merauje dalam rapat koordinasi teknis kelembagaan di lingkungan pemerintah setempat di Jayapura, Rabu, mengatakan penguatan kelembagaan merupakan agenda strategis yang harus dijalankan secara konsisten.  

"Dalam konteks ini kami dituntut untuk mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman baik dari segi teknologi, regulasi maupun kebutuhan masyarakat," katanya.

Menurut Merauje, ASN juga harus terus melakukan inovasi kelembagaan, penguatan tata kelola serta meningkatkan sinergi antara perangkat daerah.  

"Untuk itu diharapkan melalui kegiatan ini bisa dijadikan sebagai wadah diskusi konstruktif dan komprehensif dalam merumuskan strategi dan langkah nyata untuk menghadapi tantangan kedepannya," ujarnya.  

Dia menjelaskan kegiatan tersebut memiliki arti yang yang sangat penting dalam penyelenggaraan pemerintahan sebab kelembagaan merupakan elemen kunci untuk menjalankan roda pemerintahan yang efektif dan efisien.

"Itulah mengapa kolaborasi di antara seluruh unit kerja sangat penting karena bertujuan untuk memberikan pedoman bagi pemerintahan dalam melaksanakan penataan perangkat daerah," katanya.  

Dia menambahkan selain itu juga untuk memastikan bahwa perangkat daerah mampu melaksanakan tugas pemerintahan dengan efektif dan efisien serta menguatkan pembinaan dan pengendalian dalam rangka meningkatkan kinerja dan layanan kepada warga.  

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024