Sentani (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menandatangani prasasti Rhepang Muaif sebagai kampung/desa wisata terbaik 2024.

Kampung Rhepang Muaif, Distrik Nimbokrang, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua masuk dalam 50 desa wisata terbaik se-Indonesia 2024 yang ditetapkan oleh Kemenparekraf RI.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno di Sentan, Rabu mengatakan Rhepang Muaif dapat terpilih sebagai desa wisata terbaik 2024 berkat kerja keras dari Alex Waisimon (Loco Champions) dan Kepala Kampung Rhepang Muaif Albertina Demotekay serta Kepala Distrik Nimbokrang Welem Wouw.

“Rhepang Muaif tidak bisa meraih penghargaan desa terbaik 2024 kalau bukan dedikasi dan loyalitas dari penggerak serta mentor bapak Alex Waisimon dan ibu kepala kampung Albertina Demotekay serta bapak kepala distrik Welem Wouw,” katanya.

Menurut Menparekraf Sandiaga Uno, pihaknya menunjuk salah satu koordinator (Dr Masyuro Staf Ahli Bidang Pengembangan Usa Kemenparekraf RI) untuk memperhatikan usaha di desa wisata yang telah terbangun ini tetap berjalan.

“Tujuannya supaya wisatawan tidak menjadi “Rohali” atau rombongan yang hanya lihat-lihat tetapi harus menjadi “Rojali” rombongan yang jajan-jajan, beli-beli produk ekonomi kreatif di kampung Rhepang Muaif,” ujarnya.

Dia menjelaskan produk usaha dari desa wisata Rhepang Muaif harus bisa dipasarkan ke depan sehingga ekonomi kreatif yang berbasis komunitas dan konservasi alam bisa terus berkembang.

“Kami tentu berharap pariwisata Papua khususnya Kampung Rhepang Muaif semakin maju dan berkembang sehingga masyarakatnya dapat hidup sejahtera,” katanya.

Dia menambahkan daya tarik utama di Kampung Wisata Rhepang Muaif adalah pesona burung Cenderawasih (burung endemik Papua) yang kini habitat aslinya semakin langka.

“Kami terus mengikut perkembangan dari waktu ke waktu tentang Kampung Wisata Rhepang Muaif melalui laporan dan ini bukan pertama karena tahun lalu Rhepang Muaif masuk 100 besar desa wisata terbaik dan tahun ini baru terwujud,” ujarnya.

Dia meminta kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua supaya Kampung Rhepang Muaif diberikan penghargaan tinggi karena sejak 2021 perkembangan desa wisata di Papua khususnya Kabupaten Jayapura sangat luar biasa.

“2021 Kampung Yoboi di danau Sentani menjadi desa wisata terbaik dan kami tidak akan pernah lupa berkunjung ke sana dengan sambut perahu-perahu serta untuk pertama kalinya disuguhkan ulat sagu saat makan siang,” katanya.

Penjabat Sekda Papua Yohanes Walilo menyambut baik penganugerahan yang diberikan Kemenparekraf RI kepada Kampung Rhepang Muaif yang berada di Distrik Nimbokrang Kabupaten Jayapura dengan menyisihkan kampung atau desa lainnya se-Indonesia.

“Kami sangat bangga sekali salah satu kampung di Papua yakni Rhepang Muaif masuk dalam desa wisata terbaik 2024 dan semoga ini menjadi contoh untuk kampung lainnya di sembilan kabupaten/kota daerah ini bisa mencontohkannya,” ujarnya.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menparekraf tandatangani prasasti Rhepang Muaif kampung wisata terbaik

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024