Sentani (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura mendorong pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) mengembangkan produk berbahan dasar sagu.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Jayapura Hariyanto di Sentani, Selasa, mengatakan, produk olahan sagu banyak sekali peminatnya sehingga pelaku-pelaku usaha bisa mengembangkannya.

“Berbagai kuliner bisa diciptakan dengan memanfaatkan tepung sagu dan sangat baik dikonsumsi karena rendah gula maka peminatnya sangat banyak,” katanya.

Contohnya, kata dia, kuliner seperti terang bulan yang menggunakan tepung sagu dalam pembuatannya sangat banyak peminat dan ini harus terus dijual.

Ada juga, es krim yang dibuat dari tepung sagu peminatnya banyak namun produksinya sangat minim.

“Ini contoh bagaimana manfaat tepung sagu bisa dikembangkan menjadi produk yang memiliki nilai jual tinggi dan harus terus kami dorong,” ujarnya.

Dia menambahkan, dengan dukungan anggaran otonomi khusus (Otsus) 2024 kurang lebih Rp4 miliar pihaknya berupaya mendorong pelaku-pelaku UMKM orang asli Papua (OAP) mengembangkan produk dengan bahan lokal.

“Sudah kami mulai dengan pelatihan, sosialisasi dan pemberian bantuan usaha kepada pelaku-pelaku UMKM yang produktif untuk meningkatkan usahanya,” katanya.


 

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024