Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Papua melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat mengembangkan ketrampilan siswa jenjang SMA/SMK melalui pelatihan Search And Rescue (SAR) dan Peraturan Baris Berbaris (PBB) serta kepramukaan.

"Pelatihan tersebut dapat membantu mengembangkan berbagai keterampilan tetapi juga membentuk kedisiplinan, konsentrasi, rasa solidaritas kebersamaan dan ketangkasan," kata Kepala Bidang SMA/SMK pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura Nur Jaya di Jayapura, Jumat.   

Menurut Nur Jaya, pelatihan baris-berbaris mengajarkan siswa tentang koordinasi, bergerak secara sinkron, membentuk kedisiplinan, kepribadian dan rasa cinta terhadap Tanah Air.

"Sementara pelatihan kepramukaan dapat membantu siswa mengembangkan rasa solidaritas kebersamaan dan kekompakan," ujarnya.  

Dia menjelaskan pelatihan yang dilaksanakan itu juga sebagai wujud pihaknya untuk menanamkan kebiasaan dalam tata cara kehidupan yang diarahkan kepada pembentukan karakter, sikap dan perilaku peserta didik agar memiliki sikap disiplin yang tinggi.

"Generasi muda merupakan aset berharga bagi pembangunan karena mereka memiliki peran penting dalam menciptakan perubahan positif sehingga perlu dukungan semua pihak agar pemuda bisa berkembang," katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya berharap setelah mengikuti pelatihan peserta didik khususnya jenjang SMA/SMK di Kota Jayapura memiliki kepribadian yang semakin baik dan memiliki jiwa kepemimpinan dan dapat bekerja dalam tim.

Pelatihan SAR, PBB dan kepramukaan dilaksanakan Pemkot Jayapura bekerjasama dengan Brimob Polda Papua dan diikuti forum Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMA dan SMK.


 

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024