Jayapura (ANTARA) - Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Jayapura, Papua, Raymond Mandibodibo mengatakan,petugas Dukcapil Kota Jayapura gencar melakukan sosialisasi KTP elektronik ke sekolah khususnya SLTA sederajat.

Sosialisasi ke sekolah-sekolah itu dilakukan agar para pelajar mengetahui pentingnya perekaman dan memiliki KTP elektronik.

"Apalagi mereka nantinya akan melanjutkan pendidikan atau mencari pekerjaan yang semuanya membutuhkan data diri," kata Raymond Mandibodibo di Jayapura, Kamis.

Selain melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah, pihaknya juga bekerja sama dengan pusat perbelanjaan mendirikan gerai pelayanan perekaman KTP elektronik.

Menurut dia, Disdukcapil Kota Jayapura berupaya mendekatkan pelayanan dengan membuka gerai di pusat perbelanjaan agar masyarakat dengan mudah mendapat pelayanan.

"Gerai perekaman KTP elektronik itu dijadwalkan hari Sabtu di mana warga yang belum memiliki kartu kependudukan dapat segera mengurusnya," ujar Raymond Mandibodibo.

Ia menambahkan bahwa saat ini jumlah penduduk Kota Jayapura tercatat 404.351 jiwa dan dari jumlah tersebut sebanyak 308.464 orang wajib memiliki KTP elektronik.

"Warga Kota Jayapura yang sudah memiliki dan melakukan perekaman KTP elektronik tercatat 234.371 orang atau 75,98 persen dan yang belum melakukan perekaman sebanyak 74.093 orang atau 24,02 persen," kata Raymond Mandibodibo.

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024