Jayapura (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mengajak masyarakat Papua agar melakukan skrining penyakit melalui layanan aplikasi mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) untuk memberikan pemantauan terhadap kesehatan diri sendiri.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jayapura, Hernawan Priyastomo mengatakan program skrining ini merupakan langkah awal yang penting untuk mendeteksi potensi risiko penyakit kronis sebelum menjadi lebih serius.

“Skrining riwayat kesehatan merupakan langkah preventif yang dirancang untuk mengenali risiko kesehatan sedini mungkin, sehingga tindakan pencegahan bisa segera diambil,” katanya.

Menurut, dengan mengajak warga menggunakan aplikasi tersebut maka ini merupakan upaya dan bagian dari komitmen untuk menjaga kesehatan.

”Dengan melakukan skrining secara rutin maka masyarakat dapat memantau kondisi kesehatan dan mendeteksi empat penyakit kronis yang paling umum, yaitu diabetes mellitus, hipertensi, ginjal kronik, dan penyakit jantung koroner,” ujarnya.

Dia menjelaskan karena empat penyakit-penyakit tersebut dapat memberikan dampak serius terhadap kualitas hidup jika tidak diantisipasi sejak dini.

”Dengan skrining ini, peserta bisa mendapatkan gambaran jelas tentang kondisi kesehatannya dan dapat segera melakukan penyesuaian dalam gaya hidup atau menjalani pengobatan yang diperlukan," katanya lagi.

Dia menambahkan, setelah skrining selesai, hasilnya akan langsung ditampilkan, memberikan gambaran awal tentang status kesehatan peserta, yang apabila hasilnya berisiko rendah, peserta hanya disarankan untuk menjaga pola hidup sehat, sedangkan risiko sedang atau tinggi, perlu pemeriksaan lebih lanjut di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) agar bisa dilakukan evaluasi lebih mendalam.


Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024