Biak (Antara Papua) - Sebanyak 30 pelajar SMA/SMK se-Kabupaten Biak Numfor, dikukuhkan sebagai anggota pasukan pengibar bendera pusaka yang akan bertugas pada peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI, 17 Agustus 2014.

Prosesi pengukuhan 30 anggota paskibraka Biak, Kamis (14/8) malam, oleh Wakil Bupati Thomas Alfa Edison Ondy, diawali dengan pembacaaan ikrar pemuda yang berlangsung khidmat dengan disaksikan para orang tua siswa dan forum koordinasi pimpinan daerah.

Thomas Ondy mengakui menjadi anggota paskibraka didambakan pelajar karena mereka menjalankan tugas negara dan bangsa untuk melaksanakan tugas pada peringatan detik-detik proklamasi 17 Agustus 2014.

Ia mengharapkan tugas berat yang akan diemban anggota paskibraka di acara kenegaraan itu, bisa berjalan lancar dan sukses dengan berpegang kepada disiplin, konsentrasi, serta kesiapan fisik dan mental.

"Peran nyata pemuda melalui keikutsertaan menjadi paskibraka diharapkan dapat meningkatkan kemampuan diri serta terus menjaga semangat nasionalisme dalam keseharian," katanya.

Seorang anggota paskibraka, Sarah S Asyerem, mengaku bangga bisa terpilih menjadi anggota paskibraka yang akan menunaikan tugas pemerintah daerah pada peringatan detik-detik proklamasi.

"Sebagai pelajar Papua saya sangat berterima kasih dengan diberikan kesempatan menjadi paskibraka, saya akan menjalankan kepercayaan ini dengan baik sesuai tekad dan janji ikrar pemuda, " katanya.

Ia mengimbau pelajar lain yang belum diberikan kesempatan menjadi anggota paskibraka terus berlatih keras serta menyiapkan fisik dan mental sehingga pada tahun mendatang dapat terpilih mewakili sekolah bersangkutan.

Ketua panitia pelaksana HUT Ke-69 RI Herry Mulyana,  menjelaskan puncak peringatan detik-detik proklamasi tetap dilaksanakan pada hari "H", 17 Agustus 2014, pukul 10.00 WIT.

"Meski bertepatan dengan waktu ibadah umat kristiani, Minggu pagi namun pelaksanaan upacara detik-detik proklamasi tetap berlangsung sesuai jadwal," katanya.

Puncak peringatan detik-detik proklamasi tingkat Kabupaten Biak Numfor akan dipusatkan di lapangan atletik atau gelanggang remaja pada Minggu (17/8) pukul 10.00 WIT. (*)


Pewarta : Oleh Muhsidin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024