Jayapura (Antara Papua) - Sebanyak 297 mahasiswa baru Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Cenderawasih Jayapura, Papua, mengikuti pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru (PKKMB) di Jayapura, Sabtu.

"Sebenarnya jumlah keseluruhan mahasiswa yang mendaftar dan diterima di FKM melalui tes sebanyak 470 orang. Dari jumlah itu hanya 297 orang yang ikut PKKMB," kata Sekretaris Panitia Pelaksana PKKMB FKM Uncen Arius Togodly.

Dari jumlah 297 orang itu, terdiri dari laki-laki sebanyak 70 orang dan perempuan 227 orang. Mereka masuk melalui empat jalur penerimaan yang dibuka.

Salah satu jalur dari empat jalur yang dibuka untuk pendaftaran adalah seleksi masuk perguruan tinggi siswa berprestasi. "Antusias siswa untuk masuk Uncen khusus di FKM sangat tinggi," katanya.

Menurut Arius, tahun ini jumlahnya meningkat tajam jika dibanding tahun sebelumnya yakni 2013. Tahun 2014 ini hampir 100 persen lebih.

Dia menambahkan bahwa tahun 2013 mahasiswa FKM Uncen yang diterima sebanyak lebih dari 200. "Ratusan mahasiswa baru yang diterima kali ini akan dibagi dalam empat kelas belajar," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Papua drg. Aloysius Giyai disela-sela kuliah umum mengajak para mahasiswa untuk bekerja keras. "Kalau dapat tugas hari ini diselesaikan jangan ditunda," katanya.

Aloysius juga mengajak mahasiswa rajin belajar agar selesai tepat waktu. Mahasiswa baru juga diharapkan ketika menyelesaikan studi, bersedia melayani mayarakat terutama di bidang kesehatan di kampung-kampung. (*)

Pewarta : Oleh Musa Abubar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024