Jayapura, (Antara Papua) - Petani di Kampung Macuan SP 5, Distrik Masni, Kabupaten Manokwari, Papua Barat panen raya kedelai bersama TNI dan para pemangku kepentingan.
    "Acara panen raya itu mengusung tema Percepatan Optimasi Perluasan Areal Tanam Peningkatan Indeks Panen Kedelai yang dipimpin oleh Dandim 1703/Manokwari Letnan Kolonel Inf Satrio Aribowo," kata Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Teguh PR di Kota Jayapura, Papua, Jumat.
    Panen raya itu, kata dia, digelar pada Kamis (28/1) pagi hingga sore itu untuk mensukseskan program pemerintah yang telah dicanangkan oleh Presiden Jokowi dalam menggapaiprogram swasembada pangan nasional.
    Pada momentum itu, kata Teguh, Dandim Manokwari menyampaikan tanaman kedelai seluas enam hektar yang dipanen itu merupakan kedelai yang ditanam oleh kelompok Tani Mulyo Baru yang dibina oleh Babinsa Kodim 1703/Manokwari.
    "Serta selalu memberikan pendampingan sejak mulai tanam sampai dengan musim panen tiba. Selain membantu petani melaksanakan panen kedelai, keberadaan Dandim beserta anggota juga untuk berdiskusi dengan petani dan petugas Dinas Pertanian maupun Dinas Ketahanan Pangan untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi petani dalam bercocok tanam kedelai," katanya.
    Lebih lanjut, Teguh mengatakan, Dandim Manokwari menjelaskan bahwa ketahanan pangan tidak dapat dipisahkan dengan Ketahanan Nasional.
    "Karena apabila bangsa kita mengalami kekurangan pangan otomatis bangsa kita akan lemah, sehingga Kodim 1703/Manokwari sebagai perpanjangan tangan pemerintah ikut berperan serta dalam membantu petani meningkatkan produktifitas pertanian khususnya untuk tanaman padi jagung dan kedelai," katanya.
    Acara panen kedelai dihadiri pula oleh petugas dari Dinas Perkebunan dan Pertanian serta Dinas Ketahanan Pangan, Kepala Dinas Tanaman Holtikultural Kabupaten Manokwari dan Kabid PSP Tanaman Holtikultural Provinsi Papua Barat.
    Lalu, Kabid PSP Dinas Pertanian Kab.upaten Manokwari, Danramil 1703-04/Warmare, Pasiterdim 1703/Manokwari, Kepala Kampung Macuan dan Ketua Kelompok Tani Mulyo Baru.(*)


Pewarta : Pewarta: Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024