Jayapura (Antara Papua) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua memberikan apresiasi yang tinggi terhadap kunjungan Kedutaan Besar Uni Eropa soal pembangunan hijau berkelanjutan di wilayah Bumi Cenderawasih.

Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal, di Jayapura, Senin, mengatakan kerja sama dengan Uni Eropa ini diwujudkan dalam bentuk program "Participatory Monitoring by civil society of Land-use Planning for Emission Development strategies (ParciMon)".

"Hubungan kerja sama ini sangat baik untuk pemerintah dan pembangunan ke depan terutama mengurangi emisi gas," katanya.

Menurut Klemen, selama ini hubungan kerja sama antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua dengan Uni Eropa telah dilakukan pada berbagai sektor seperti bidang kemanusiaan, pendidikan, penguatan dalam lingkungan hidup terutama pengurangan emisi gas dan keadilan.

"Untuk itu masyarakat di Papua harus terbuka dan dapat menerima siapapun yang datang bekerjasama dengan pemprov dalam segala aspek terutama untuk meningkatkan kualitas hidup warga Bumi Cenderawasih," katanya.

Dia menuturkan pihaknya meminta kepada ParCiMon agar tidak hanya melakukan program tersebut pada tiga kabupaten, namun dilakukan pada kabupaten/kota se-Papua.

"Sebelumnya, program ParCiMon sudah dilakukan pada Kabupaten Jayapura, Jayawijaya dan Kabupaten Merauke, ke depannya, diharapkan pada seluruh kabupaten di Papua," ujarnya.

Dia menambahkan untuk mendukung hal tersebut, Pemprov Papua mempunyai komitmen yang kuat untuk mendukung program yang membawa dampak positif baik secara langsung maupun tidak langsung. (*)

Pewarta : Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024