Jayapura (Antara Papua) - Tiga partai politik (parpol) yakni Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Amanat Nasional (PAN) secara resmi telah menyatakan dukungannya terhadap Yanni SH untuk maju pada pemilihan kepala daerah (pilkada) di Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua.

"Kepastian dukungan ini tertuang dalam Surat Keputusan DPP Gerindra dan DPP PKB serta DPP PAN," kata Yanni, kepada Antara di Jayapura, Senin.

Yanni yang masih menjabat Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Provinsi Papua itu, menyebut surat dukungan dari DPP PKB Nomor: 17964/DPP-03-Vl/ A.1/Vlll/2016 tanggal 22 Agustus 2016, dan surat dukungan DPP PAN Nomor: PAN/A/Kpts/ KU-SZ/64/Vll/2016 tgl 25 agustus 2016.

Surat DPP PAN ditandatangani Dr. H. Zulkifli Hasan, SE, MM (Ketua Umum PAN), Eddy Soeparno (Sekretaris Jendral PAN), H. Yandri Susanto (Sekretaris Fraksi PAN DPR-RI), Viva Yoga Mauladi (Tim Pilkada PAN Pusat), dan Abock Busup, STh, MA (Ketua DPW Papua).

Dengan demikian, teka-teki dan spekulasi tentang kepastian Yanni SH untuk ikut dalam bursa pencalonan pada pilkada serentak di Kabupaten Jayapura, Februari 2017 akhirnya terjawab.

Dengan adanya dukungan dari ketiga DPP parpol tersebut, maka Yanni yang juga Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) dipastikan mengantongi tiket pencalonan pada pilkada tersebut, karena dukungannya telah melebihi 20 persen kursi DPRD sebagaimana yang disyaratkan dalam Undang-undang Pilkada.

Partai Gerindra di DPRD Kabupaten Jayapura memiliki tiga kursi, PKB dua kursi dan PAN satu kursi, sehingga total dukungan mencapai enam kursi.

"Saya memberikan apresiasi kepada ketiga partai politik tersebut karena secara resmi telah memberikan dukungan untuk maju pada Pilkada Kabupaten Jayapura yang pendaftarannya akan dimulai pada September nanti," ujarnya.

Yanni mengatakan, dukungan tersebut sesungguhnya merupakan manifestasi dari kehendak rakyat yang diberikan melalui partai politik sebagai pilar demokrasi, sehingga hal ini merupakan amanah dan tanggung jawab yang harus diemban dengan sebaik-baiknya.

Menurut dia, hal itu merupakan sesuatu yang tidak bisa dilupakan, karena proses memperoleh dukungan dan kepercayaan dari ketiga partai politik itu tidak mudah sebab harus melalui proses seleksi yang cukup panjang.

"Saya percaya bahwa keputusan Gerindra, PKB dan PAN mencalonkan saya pada Pilkada Kabupaten Jayapura Tahun 2017 telah mempertimbangkan berbagai aspek, baik elektabilitas, visi, misi yang telah saya paparkan maupun komitmen saya dalam melakukan perubahan di berbagai aspek kehidupan masyarakat Kabupaten Jayapura," ujarnya.

Untuk itu, Yanni menyampaikan terima kasih kepada jajaran DPP Gerindra, DPP PKBdan DPP PAN atas keputusan politiknya mendukung pencalonan tersebut.

"Saya menilai ketiga partai ini memiliki infrastruktur politik dan basis pendukung di daerah yang sangat memadai sehingga memiliki nilai politik yang signifikan menuju kesuksesan Pilkada Kabupaten Jayapura," ujarnya lagi.

Yanni pun yakin dan percaya, baik pengurus tingkat provinsi maupun tingkat kabupaten dari ketiga partai politik itu akan bekerja "all out" menggerakan mesin politiknya untuk memenangkkan pertarungan nanti.

Ia pun meyakini dengan adanya dukungan resmi DPP Gerindra, PKB dan PAN, maka partai-partai politik lain yang belum menentukan pilihan akan merapat karena hingga kini komunikasi politik dengan partai-partai politik tersebut masih terus berjalan sehingga tidak menutup kemungkinan dukungan partai akan bertambah.

Untuk itu, kepada seluruh pendukung serta simpatisan yang selama ini menunggu kepastian Yanni maju pada Pilkada Kabupaten Jayapura, agar merapatkan barisan dan mnyampaikan pesan ini kepada seluruh masyarakat Kabupaten Jayapura dimanapun mereka berada.

"Bahwa Saya telah siap lahir bathin untuk mengemban amanah masyarakat Kabupaten Jayapura akan harapan masa depan yang lebih baik, masa depan yang lebih cemerlang, masa depan yang kita cita-citakan. Saya mengajak saudara-saudaraku sekalian untuk menjaga kekompakan, ketenangan dan kedamaian agar dinamika politik yang sedang dan akan berproses di Kabupaten Jayapura dapat berlangsung dengan semangat cinta kasih, karena semua ini bukan tujuan tetapi instrumen dan cara untuk mencapai tujuan yang diharapkan," ujarnya.

Selaku Ketua DPD Gerindra Provinsi Papua, Yanni meminta jajaran DPC, PAC, kader dan simpatisan untuk terus membangun komunikasi politik dengan komponen partai lain, baik partai pengusung, partai pendukung maupun partai lainnya.

"Kita boleh berbeda partai tetapi kita semua mempunyai tujuan yang sama yaitu mensejahterakan dan mencerdaskan kehidupan masyarakat khususnya di Kabupaten Jayapura," ujar Yanni. (*)

Pewarta : Pewarta: Dhias Suwandi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024