Jayapura (Antara Papua) - Rumah Sakit Umum Daerah Dekai Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua, menerapkan penggunaan Kartu Papua Sehat bagi pasien orang asli setempat yang datang dan berobat dibrumah sakit tersebut.

Direktur UP2KP Agustinus Raprap ketika dikonfirmasi dari Jayapura, Kamis mengemukakan untuk penggunaan KPS di RSUD Dekai Yahukimo sudah berjalan sangat baik.

Setiap orang asli Papua yang datang ke rumah sakit tersebut dilayani secara gratis walaupun dia tidak mengantongi kartu sehat.

"Kendala yang dihadapi di RSUD Dekai Yahukimo adalah kebanyakan pasien yang datang ke rumah sakit itu hampir seluruhnya tidak menggunakan KPS," ujarnya.

Namun, lanjut dia pihak rumah sakit melayani mereka secara baik dan gratis.

"Pihak rumah sakit mendukung kalau mereka yang membagikan KPS kepada masyarakat Papua yang datang berobat," ujarnya.

Agustinus yang kini memimpin salah satu tim pengawasan dana otonomi khusus untuk bidang kesehatan di wilayah adat Lapago ini mengatakan pelayanan rujukan ke Jayapura juga sudah berjalan dengan baik, rumah sakit menggunakan jasa KPS untuk merujuk pasien.

Ia menambahkan, semenjak mereka tiba Yahukimo tim-nya sudah mendatangi sekretaris daerah setempat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, dan RSUD Dekai Yahukimo.

Selanjutnya, tim akan menemui Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Yahukimo beserta jajaran-nya.

Wilayah adat Lapago meliputi Kabupaten Yahukimo, Kabupaten Pegunungan Bintang, Puncak, Puncak Jaya, Lanny Jaya, Yalimo, Tolikara, dan Kabupaten Jayawijaya. (*)

Pewarta : Pewarta: Musa Abubar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024