Jayapura (Antara Papua) - Para kandidat peserta pilkada di Kota Jayapura, Ibu Kota Provinsi Papua, mulai menjalani serangkaian tes kesehatan, termasuk tes narkoba, sesuai ketentuan yang disyaratkan penyelenggara pemilu.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jayapura Jeremias Numberi mengatakan tiga pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota yang menjalani tes kesehatan itu yakni Benhur Tommy Mano-Rustan Saru (BTM-HaRus), Abisai Rollo-Dipo Wibowo (ADI) dan Boy Markus Dawir-Nuralam (BMD-Alam).

"Jadi, sejak pagi hingga siang, tiga pasangan bakal calon itu tes kesehatan dan narkoba," kata Jeremias ketika dihubungi dari Kota Jayapura, Senin.

Menurut dia, untuk tes kesehatan, dilaksanakan di RSUD Dok II Jayapura.

Sementara untuk tes urine atau narkoba digelar di kantor Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Papua di Aryoko, Kelurahan Gurabesi, Distrik Jayapura Selatan.

"Ketiga pasangan bakal calon sudah tes, sepertinya sedang menunggu hasilnya," katanya mengaku sedang di Jakarta untuk verivikasi dukungan partai di Desk Pilkada KPU pusat.

Sementara itu, Nuralam, bakal calon wakil wali kota yang berpasangan dengan Boy Markus Dawir mengaku sudah menjalani tes kesehatan dan narkoba.

"Tadi sudah ke Aryoko BNN, barusan periksa darag di RSUD Dok II, saat ini kami sedang cari makan, setelah dua jam kembali lagi ke RSUD," kata Nuralam yang juga mantan wakil wali kota Jayapura edisi sebelumnya lewat pesan singkat.

Sedangkan, kandidat petahana Benhur Tommy Mano ketika ditanya tentang tes kesehatan dan narkoba mengaku siap berbuat terbaik untuk rakyat di Ibu Kota Provinsi Papua.

"Kita harus siap melayani rakyat 24 jam," katanya menjawab pertanyaan Antara terkait tes kesehatan dan narkoba.

Secara terpisah, BNN Provinsi Papua menyatakan pelaksanaan tes urine bagi calon kepala daerah untuk Kota dan Kabupaten Jayapura diikuti oleh tujuh pasang bakal calon yang dimulai sejak pukul 09.00 WIT. (*)

Pewarta : Pewarta: Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024