Serui (Antara Papua) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise meresmikan sekaligus memasang batu pertama pembangunan pabrik tapioka di Kampung Mananayan Serui, Kabupaten Yapen Kepulauan, Provinsi Papua.

Menteri PPPA Yohana Yembise mengaku sangat bangga dengan kretativitas warga Kampung Mananayan yang bersedia menyediakan lokasi pembangunan pabrik tapioka.

"Saya berharap dengan mengawali pembangunan pabrik tapioka ini dapat mengangkat kesejahteraan masyarakat kampung Mananayan," kata Menteri Yohana Yembise yang pada kesempatan itu didampingi Wakil Bupati Yapen Kepulauan Frans Sanadi.

Kondisi alam di sekitar lokasi pabrik tapioka, menurut Menteri Yohana Yembise, sangat potensial untuk menanam singkong sebagai bahan dasar pembuatan tapioka dengan luas yang memadai.

Jajaran Kementerian PPPA, menurut Menteri Yohana Yembise, akan memberikan dukungan kepada masyarakat kampung Mananayan yang sudah mau membuka lahan singkong.

"Saya optimistis dengan selesainya pembangunan pabrik tapioka akan mampu mengangkat perekonomian keluarga," kata Menteri Yohana Yembise.

Menteri Yohana Yembise berharap kepada kelompok usaha masyarakat desa yang menggagas pendirian pabrik tapioka untuk saling bekerja sama dan mengutamakan kepentingan bersama dalam melaksanakan program penanaman singkong.

"Tunjukan kebersamaan dan kekompakan sehingga target pendirian pabrik tapioka dapat selesai dan menghasilkan uang untuk masyarakat kampung," ujarnya.

Menteri PPPA Yohana Yembise dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten Yapen Kepulauan hingga Rabu malam melakukan serangkaian kegiatan, di antaranya mengunjungi kelompok usaha lanjut usia di Kepulauan Ambai, mengawali pembangunan gedung PAUD Kampung Dorau, serta melakukan pembangunan rumah layak huni warga Kampung Siromi. (*)

Pewarta : Pewarta: Muhsidin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024