Merauke (Antara Papua) - Mantan Bupati Merauke, Provinsi Papua, Romanus Mbaraka mengajak pemuda setempat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan guna menghadapi era globalisasi.

"Agar pemuda mampu menghadapi era globalisasi maka harus tingkatkan pengetahuan dan ketrampilan, kalian harus memiliki karakter, jangan banyak bicara, banyak protes tanpa dibarengi dengan kerja," kata Romanus di Merauke, Sabtu.

Saat pemaparan materi pada acara musyawarah dan rapat kerja pemuda/KNPI Distrik Merauke 2016, Romanus mengajak pemuda menimba ilmu sebanyak mungkin sebagai bekal menghadapi era globalisasi.

"Sumber pengetahuan adalah mata, telinga, hidung. Itu sumber pengetahuan dari indra. Kalau sumber ilmu itu dari belajar misalnya di kelas dan kalau belajar, jangan pilih-pilih pelajaran harus semua dipelajari," katanya.

Tokoh masyarakat itu mengatakan hingga kini masih ada anak asli Papua di Merauke yang belum mampu mengoperasikan komputer.

"Dunia sekarang ini informasi dan teknologi (IT) menjadi satu andalan dan pemuda harus menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi," katanya.

Ia mengajak pemuda Merauke membangun komitmen untuk bersama pemerintah mendorong daerah itu lebih maju lagi.

"Untuk menjadi pemimpin, pemuda harus mengenali diri sendiri, memiliki potensi, memahami lingkungan dan memiliki jaringan atau sahabat yang banyak," katanya. (*)

Pewarta : Pewarta: Marius Frisson Yewun
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024