Timika (Antara Papua) - PT Pelni menyiapkan lima kapal untuk mengangkut penumpang dari Timika yang hendak berliburan Natal dan Tahun Baru di kampung halamannya di luar Papua.

Kepala Cabang PT Pelni Timika Suadi, mengatakan lima kapal yang disediakan untuk angkutan penumpang liburan Natal dan Tahun Baru yaitu KM Tatamailau, KM Leuser dan KM Sirimau, ditambah dua kapal perintis Sabuk Nusantara 58 dan Sabuk Nusantara 60.

"Kami berharap para penumpang yang hendak melakukan perjalanan liburan Natal dan Tahun Baru di kampung halaman mereka bisa menyesuaikan dengan jadwal pelayaran tiga kapal Pelni dan dua kapal perintis tersebut. Mulai awal Desember kami sudah menjual tiket pelayaran untuk liburan Natal hingga Tahun Baru," kata Suaidi.

Ia menyarankan para calon penumpang yang hendak berliburan Natal dan Tahun Baru agar bisa membeli tiket jauh-jauh hari sebelumnya. Pasalnya, alokasi tiket yang tersedia di Kantor Pelni Cabang Timika hanya 380 seat untuk setiap pemberangkatan kapal Pelni.

Pada 2015, kata Suaidi, Kantor Pelni Cabang Timika menyediakan hingga 680 tiket untuk sekali pemberangkatan karena memanfaatkan alokasi tiket Kantor Pelni Cabang Agats Asmat dan Kantor Pelni Cabang Merauke.

"Kalau bisa calon penumpang di Timika membeli tiket jauh-jauh hari sebelumnya. Kalau alokasi tiket Kantor Pelni Cabang Timika sudah habis, kita bisa menjual tiket alokasi Kantor Pelni Cabang Agats dan Merauke. Tentu saja ada selisih harga karena penumpang yang bersangkutan memanfaatkan tiket pelayaran dari Agats atau dari Merauke," jelas Suaidi.

Dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, jumlah penumpang yang berangkat menggunakan kapal Pelni dari Pelabuhan Paumako Timika ke beberapa lokasi tujuan sangat padat.

Beberapa rute yang cukup padat penumpang liburan Natal dan Tahun Baru yaitu Timika-Dobo-Tual, Timika-Ambon, Timika ke arah Nusa Tenggara Timur dan juga rute Timika-Fakfak hingga Bitung Sulawesi Utara.

Suaidi berharap penumpang Timika yang hendak berliburan Natal dan Tahun Baru kali ini juga dapat terlayani dengan armada dua kapal perintis yaitu Kapal Sabuk Nusantara 58 dan 60.

Kapal Sabuk Nusantara 58 melayani pelayaran dengan rute dari Sorong-Fakfak-Kaimana-Tual-Paumako Timika-Dobo-Kaimana-Fakfak-Sorong. Sedangkan Kapal Sabuk Nusantara 60 melayani pelayaran dengan rute Merauke-Agats-Paumako Timika-Kaimana-Fakfak-Tual-Paumako Timika-Agats-Merauke.

Adapun KM Tatamailau melayani rute pelayaran dari Bitung-Bacan-Sorong-Fakfak-Kaimana-Tual-Paumako Timika-Agats-Merauke dan sebaliknya dengan waktu tempuh pelayaran selama dua minggu.

Sedangkan KM Sirimau dan KM Lauser setiap sebulan sekali bersandar di Pelabuhan Paumako Timika.

Rute pelayaran KM Sirimau yaitu Surabaya-Batu Licin-Makassar-Bima-Labuan Bajo-Larantuka-Kupang-Kalabahi-Saumlaki-Tual-Dobo-Paumako Timika-Agats-Merauke dan sebaliknya.

Sementara KM Leuser melayani rute pelayaran dari Surabaya-Benoa-Bima-Makassar-Baubau-Wanci-Ambon-Amahai-Banda-Saumlaki-Larat-Tual-Dobo-Paumako Timika-Agats-Merauke dan sebaliknya. (*)

Pewarta : Pewarta: Evarianus Supar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024