Jayapura (Antara Papua) - Masyarakat Bumi Cenderawasih akan menggelar aksi Nusantara Bersatu untuk mengekspresikan rasa persatuan dan kesatuan guna membina serta memelihara kebhinekaan di Halaman Kantor Gubernur Papua pada Rabu (30/11).

Panglima Kodam (Pangdam) XVII/Cenderawasih Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Hinsa Siburian di Jayapura, Selasa, mengatakan, aksi ini akan digelar di semua kabupaten se-Papua dan diisi dengan tari-tarian dan diakhiri doa lintas agama yang melibatkan para tokoh agama.

"Ide gagasan ini dilandasi dengan semangat persatuan dan kesatuan pejuang ketika merebut kemerdekaan," katanya.

Menurut Pangdam Hinsa, pihaknya ingin semua masyarakat menunjukkan lagi Indonesia adalah negara yang besar, plural dan menjunjung tinggi Bhineka Tunggal Ika dari Pancasila.

"Aksi Nusantara Bersatu ini juga akan dimeriahkan artis ibukota dan doa Indonesia Bersatu di Wutung Perbatasan RI-PNG," ujarnya.

Mengenai situasi gejolak politik nasional di Jakarta, pihaknya mengaku khusus Papua sama sekali tidak merasakan imbasnya.

"Rasa persatuan dan kesatuan itu, harus dibina dan harus selalu dipelihara, salah satu wujud membina serta memelihara kebhinekaan yakni rasa persatuan juga kesatuan antara lain diwujudkan dengan kegiatan nusantara bersatu ini," katanya lagi.

Dia menambahkan kegiatan pada 30 November itu sama sekali tidak bertujuan untuk pengalihan isu jelang 1 Desember, namun untuk masuk dalam suasana masa advent atau masa penantian menjelang Natal. (*)

Pewarta : Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024