Timika (Antara Papua) - Pengelola Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Timika Jaya, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, meningkatkan pelayanan penderita kusta di wilayah kerjanya.

Kepala Puskesmas Timika Jaya dokter Moses Untung di Timika, Kamis, mengatakan tahun ini pihaknya akan meningkatkan penjaringan penderita kusta secara aktif yang sebelumnya dilakukan secara pasif.

Hal tersebut menurutnya sebagai bentuk keseriusan puskesmas Timika Jaya dalam menyikapi persoalan kusta di wilayah itu lebih khusus di wilayah kerja puskesmas Timika Jaya.

"Sebelumnya kita hanya melakukan penjaringan secara pasif artinya ada pasien kusta yang datang berobat yang kita jaring sedangkan yang tidak terdeteksi karena tidak penah berobat tidak dapat terjaring," tuturnya.

Ia mengatakan sejak 2014 puskesmas Timika Jaya telah menangani beberapa pasien kusta.

Sebagian dari penderita yang ditangani menurut Moses telah dinyatakan sembuh, dan beberapa pasien lain masih dalam proses pendampingan.

"Selama ini untuk penangana kusta kita jalan. Terakhir ini ada tujuh pasien kusta yang sedang melakukan terapi dan didampingi oleh petugas kusta," ujarnya.

Versi Dinas Kesehatan Mimika, kasus penderita kusta yang ada di wilayah Mimika bukan hanya ada diwilyah kota tetapi juga sudah ditemukan di bebebrapa kampung di distrik pedalaman antara lain Distrik Mimika Barat Jauh yaitu di kampung Aindua dan Yapakopa, Mimika Barat Tengah yaitu di kampung Wakia dan Uta. (*)

Pewarta : Pewarta: Jeremias Rahadat
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024