Biak (Antara Papua) - Dinas Kesehatan Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua, memberikan pelatihan khusus kepada petugas analis laboratorium dari berbagai klinik swasta dan klinik TNI/Polri dalam upaya meningkatkan kemampuan mendiagnosa penyakit malaria.

Kepala Bidang Pengendalian Masalah Kesehatan Dinas Kesehatan Biak Numfor Ruslan di Biak, Sabtu, mengatakan tujuan pelatihan guna meningkatkan kompetensi tenaga analis untuk memberikan diagnosa yang tepat atas penyakit malaria.

"Setelah pelatihan para peserta diharapkan dapat memperoleh pengetahuan tentang pemeriksaan malaria sehingga tidak salah dalam mendiagnosa pasien yang datang berobat," ujarnya.

Ruslan menyebut keberadaan tenaga analis mikroskopik di setiap klinik dan puskesmas sebagai vital dalam melakukan deteksi terhadap penyakit pasien.

Dia mengharapkan pelatihan khusus petugas analis itu, meningkatkan kemampuan diagnosa klinik dan teknisi laboratorium dalam melakukan pemeriksaan diagnosis malaria.

"Pelatihan pemeriksaan penyakit malaria dilaksanakan dengan materi dalam bentuk ceramah, diskusi, dan praktik langsung di laboratorium," katanya.

Tujuan pelatinan, katanya, supaya peserta dapat melakukan pemeriksaan laboratorium untuk menegakkan diagnosis penyakit malaria secara benar.

Dinas Kesehatan Kabupaten Biak Numfor sebagai salah satu kabupaten/kota percontohan pencegahan malaria dan memiliki tenaga pelatih Kemenkes dan WHO. (*)

Pewarta : Pewarta: Muhsidin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024