Jayapura (Antara Papua) - Sebanyak 16 kabupaten dan kota di Provinsi Papua menerima penghargaan atas laporan penyelenggaraan pemerintah daerah (LPPD) terbaik pada 2015 yang dievaluasi oleh tim daerah serta divalidasi oleh tim nasional.

Ke-16 daerah tersebut yakni Kota Jayapura, Kabupaten Merauke, Mimika, Biak Numfor, Jayawijaya, Kepulauan Yapen, Mappi, Asmat, Keerom, Pegunungan Bintang, Waropen, Tolikara, Boven Digoel, Yalimo, Puncak Jaya dan Nabire.

Wali Kota Jayapura Benhur Tommy Mano, di Jayapura, Selasa, mengatakan sebagai peraih peringkat pertama dalam LPPD di tingkat Provinsi Papua untuk 2017, pihaknya meraih nilai 3,48.

"Ini merupakan bentuk kerja keras dari jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura," katanya.

Menurut Benhur, penghargaan ini merupakan bentuk keberhasilan dari implementasi tata kelola pemerintahan yang baik di lingkungan Pemkot Jayapura.

"Di era saya periode pertama, kami telah mampu mengelola tata kelola pemerintahan bahkan pada lima tahun terakhir berhasil meraih opini WTP, ini merupakan kerja keras, kami harapkan tata pemerintahan semakin baik," ujarnya.

Dia menuturkan dengan adanya penghargaan sebagai daerah dengan LPPD terbaik, tidak membuat jajaran Pemkot Jayapura puas diri, tetapi terus bekerja keras, mengingat saat ini Pemkot Jayapura selalu menjadi pilot project untuk Dinas Pelayanan Terpadu Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPPTSP).

"Untuk DPPTSP sendiri sudah menjadi proyek percontohan, di mana dari Manokwari, Biak Supiori hingga daerah-daerah lain datang belajar ke Kota Jayapura," kata Benhur. (*)

Pewarta : Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024