Jayapura (Antara Papua) - Tokoh agama di Papua berharap hari raya lebaran dapat menumbuhkan semangat toleransi antarumat beragama, baik umat Islam maupun umat Kristiani di wilayah paling timur ini

Pastor John Djonga, salah satu tokoh agama di Papua ketika dikonfirmasi dari Jayapura, Jumat, mengemukakan umat Kristiani mengharapkan hari raya Idul Fitri 1438 Hijriah kali ini dapat menumbuhkan semangat toleransi, semangat persaudaraan dan semangat kekeluargaan.

"Sebagai umat yang beriman, semoga melalui hari raya ini sesama umat beragama saling mendukung, saling mengunjungi dan saling memaafkan. Saya mengucapkan selamat merayakan lebaran kepada seluruh teman-teman, saudara-saudara, dan handaitaulan umat Islam diseluruh tanah Papua," ujarnya.

Pastor John juga mengucapkan selamat berbahagia karena sudah berhasil melaksanakan puasa dengan baik.

"Selama bulan suci Ramadhan ini mendatangkan berkat, dan semoga memperoleh kesucian dalam bermasyarakat di tanah Papua," ujarnya.

Sebagai pemimpin gereja di wilayah parokinyan tapi juga sebagai aktivis hak asasi manusia, menurut dia, semoga pengalaman suci selama masa puasa dan Ramadhan ini menjadi berkat bagi sesama saudara islam dalam bermasyarakat, berkarya dan juga berjuang untuk keadilan hak asasi manusia di tanah Papua.

"Kalau bukan umat Islam yang telah melaksanakan masa puasa sebagai bulan suci untuk membangun kehidupan spiritual yang bermanfaat maka ini suatu kekurangan atau kerugian besar perkembangan kemanusiaan secara umum, demokrasi, dan HAM di tanah Papua," ujarnya.

"Melalui Ramadhan ini, lebih mencintai Tuhan Allah dan lebih mencintai sesama antar umat beragama," ujar Pastor John. (*)



Pewarta : Pewarta: Musa Abubar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024